JALUR PANSELA

Jarang-jarang Pak Basuki Hadimuljono mau tampil berfoto dengan gaya berpamer begini: berdiri di tengah jalan yang lengang, tatap...




Jarang-jarang Pak Basuki Hadimuljono mau tampil berfoto dengan gaya berpamer begini: berdiri di tengah jalan yang lengang, tatapan lurus ke kamera, dan dua tangan teracung. Apalagi ia berbusana kerja dengan topi andalan berlambang kementerian. Ia lebih senang difoto selagi bermusik, saat menggebuk drum atau memetik gitar. 



Saya menduga, Pak Basuki terlalu gembira. Jalan raya tempat ia berdiri ini adalah jalan lintas pantai selatan Jawa. Jalur Pansela. 

Saya dan Anda tentu sering mendengar Jalur Pantura, jalan utama di pesisir pantai utara Jawa yang melewati lima provinsi sepanjang 1.316 kilometer, jalur yang begitu padat sebagai urat nadi perekonomian dan lalu-lalang kendaraan angkutan di pulau terpadat Indonesia. 

Ini Jalur Pansela yang lebih panjang, 1.604 kilometer, membentang menyusuri garis tepi Pantai Selatan dari wilayah Provinsi Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta hingga Jawa Timur. Jalur ini melewati pesisir selatan Jawa Barat, dan seterusnya memasuki kampung halaman Pak SBY di Pacitan, sampai Banyuwangi di ujung timur Pulau Jawa. 

Nah, foto Pak Basuki ini di Pacitan. Jalannya begitu mulus, membelah tebing dan berlatar gunung. Maklum, baru rampung tahun ini. 

Pada musim mudik Lebaran nanti, jalan ini akan menjadi jalur pilihan selain Pantura bagi orang-orang kota yang hendak kembali ke udik, ke kampung halaman. Ini juga katanya akan jadi jalur wisata baru, yang menghidupkan daerah dan kawasan di sepanjang jalan. 

Begitu gembiranya menengok jalan ini kemarin, Pak Basuki mau berpose ala media sosial ini. 

Toni Lebang

Foto: Agus Suparto/Presidential Palace

line@ sahampemenang beralih ke telegram ->https://t.me/sahampemenang

Related

Terkini 7588876013255258136
Powered by Investing.com

TELEGRAM SAHAMPEMENANG

SAHAMPEMENANG PREMIUM

CNN Indonesia | Berita Ekonomi

Suara.com - Berita Terbaru Bisnis

Finansial - ANTARA News

okezone bisnis

Ekonomi - VoA

BUMN Untuk Indonesia - ANTARA News

Tempo Bisnis

Liputan Ekonomi VOA

Bursa - ANTARA News

Bisnis - ANTARA News

Ekonomi - ANTARA News

Berita Terkini - ANTARA News


item