APA ITU WINDOW DRESSING ?

Mejelang penutupan tahun istilah Window Dressing sering kali didengar bagi mereka yang berkecimpung di dunia investasi saham atau reksa...


Mejelang penutupan tahun istilah Window Dressing sering kali didengar bagi mereka yang berkecimpung di dunia investasi saham atau reksadana. Window Dressing dikenal sebagai fenomena kenaikan harga saham-saham unggulan menjelang penutupan tahun. Fenomena sangat terkenal dan hampir setiap tahun terjadi. Dalam artikel ini kami akan mencoba menjelaskan apa yang dimaksud Window Dressing dan apa yang menyebabkan kenaikan harga saham tersebut.
Window dressing adalah aksi yang umumnya dilakukan oleh pebisnis atau manajer investasi  menjelang akhir periode laporan keuangan suatu perusahaan atau reksadana, aksi ini memiliki tujuan untuk membuat laporan keuangan/kinerja akhir tahun perusahaan terlihat lebih baik atau berhasil mencapai targetnya.
Sebagai contoh seorang pengusaha ingin menampilkan kenaikan penjualan di laporan keuangan tahunan perusahaannya, karena itu pengusaha tersebut sengaja memberikan discount khusus akhir tahun supaya para pelanggan tertarik untuk membeli lebih banyak dari biasanya. Penjulan ini memang dapat mengurangi jumlah penjualan di awal tahun depan, namun tujuan untuk meningkatkan penjualan di laporan keuangan akhir tahun berhasil dilaksanakan. Aksi tersebutlah yang dinamakan windows dressing.
Window Dressing juga sering dilakukan oleh Manager Investasi yang mencoba meningkatkan kinerja dana kelolaannya di akhir tahun, seperti kita ketahui kinerja tahunan adalah kinerja yang digunakan sebagai acuan kinerja sebuah reksadana, itu sebabnya menjelang akhir tahun para Manager Investasi berusaha mengangkat nilai-nilai saham yang dimilikinya, sehingga pada penutupan tahun kinerja dana yang dikelola menjadi lebih baik. Karena aksi Window Dressing dilakukan oleh hampir semua fund manager di dunia, itu sebabnya pada akhir tahun indeks harga saham umumnya bergerak naik.
Efek Window Dressing hanyalah efek jangka pendek, jika kinerja keuangan suatu perusahaan atau reksadana buruk dalam jangka panjang dan menengah kinerja tersebut akan terlihat juga meskipun di akhir tahun kinerjanya diangkat oleh aksi Window Dressing
kelasinvestasi.com


Related

Terkini 2838070667441034916
Powered by Investing.com

TELEGRAM SAHAMPEMENANG

SAHAMPEMENANG PREMIUM

CNN Indonesia | Berita Ekonomi

Suara.com - Berita Terbaru Bisnis

Finansial - ANTARA News

okezone bisnis

Ekonomi - VoA

BUMN Untuk Indonesia - ANTARA News

Tempo Bisnis

Liputan Ekonomi VOA

Bursa - ANTARA News

Bisnis - ANTARA News

Ekonomi - ANTARA News

Berita Terkini - ANTARA News


item